Gegar Media Sosial

Bertahun-tahun setelah berbagai macam media sosial menjadi trend di banyak kalangan, gw masih stuck aja dengan forum terbatas ataupun media yang kurang nyosial (ngerti maksudnya kan?) seperti private messenger sampe group chat. Paling keren (menurut gw lho yaa!) gw ikutan trend bikin blog, itu aja update statusnya lama banget alias suka lama gak ngisi tulisan, hehe..

Nah, yang bikin gw takut atau lebih kerennya berhati-hati untuk tidak ikut tren membuat akun media sosial memang wejangan suami. Bukan dilarang, namun pertanyaan beliau apakah gw siap terjun dalam dunia media sosial yang kadang kejam dengan komentar orang lain yang tidak sependapat dengan pemikiran kita (hayah!), atau siap untuk menahan diri tidak menyampah seperti berkomentar tidak penting atau malah bikin orang sakit mata gara-gara gw upload poto narsis, haha!.

Yes, its true Mbak,Mas, Pak Dhe, Bu Dhe..Mas Suami emang bener-bener ahli mengamati sifat gw yang suka narsis dan nyampah itu, makanya ketika gw memutuskan untuk membuat akun salah satu media sosial, beliau hanya mengulang wejangannya itu.

Alhamdulillah keinginan gw buat update status galau dan nampang poto-poto narsis belum banyak terealisasikan. Masih bisa lah gw menahan diri dengan cuma ngeliat status temen-temen.

Nah, tapi yang susah untuk ditahan adalah keinginan untuk membuka media sosial itu, bisa jadi 5 kali sehari gw onlen cuma buat ngintip status (sampe temen ada yang komen kalo gw sekarang onlen terus, padahal gw gak komen atau update apa-apa lho, kok dia bisa tau ya??!! #garukgarukkepala)

Kebiasaan yang gw namain gegar media sosial inilah yang membuat gw rugi waktu. Selain gw jadi jarang baca informasi menarik dari dunia internet dengan baca blog atau website, gw jadi jarang nulis. Udahlah ya, kadang waktu main ama anak pun sering kepake buat ngintip medsos ini..hiks!

Kalo alesan gw sih,ini semua karena gw emang masih baru, masih unyu-unyu nya mainan medsos, jadi masih seneng aja klak-klik akun orang, insyaAllah gak sampe stalking sih.

Oiya, salah satu hal yang sempet bikin keki adalah waktu mo ngupdate status relationship, karena keengganan memberikan tanggal pernikahan, akhirnya status yang tercantum di akun gw kemarin adalah “hari ini Ziza menikah”. Padahal suami jauh, padahal temen suami banyak yang jadi temen gw jg di medsos itu, padahal lagi gw gak nyebar undangan apapun..alhasil beberapa komen pun bermunculan menanyakan keenggakjelasan status gw. Hehe, sukses bingung lah!

Kedepannya harapan gw sih akun medsos itu gak akan membawa dampak yang buruk ya, kalo bisa malah nambah silaturahmi ama temen-temen aja. Semoga gw juga gak menyalahgunakan media itu sebagai ajang eksis ataupun pencitraan diri, atau lebih parah terlibat masalah ama status-status gak jelas.

Pisau itu berguna depends on user dan tujuannya. Mo jadi koki atau penjahat, terserah kamu..

Cuma poto narsis sesaat

Cuma poto narsis sesaat

Battle Of Reason

Walaupun sejak menikah gw udah terbiasa LDR (Long Distance Romance) ama mas Suami sampe anak-anak pun udah maklum ama kondisi dimana Ayahnya hanya bisa balik dalam jangka waktu tertentu, namun beberapa waktu ini gw ama anak-anak kok mempunyai perasaan yang sama, kangen beliau.

Yeah, walaupun kami masih bisa berkomunikasi melalui berbagai aplikasi elektronik namun tetep beda sensasinya dibandingkan kalo ketemu langsung lah yaw..

Ketika memutuskan menikah dengan beliau, gw memang sudah tahu akan resiko LDR ini sih dan bener saja, jarak domisili kami paling dekat antara Semarang-Jogjakarta saja selama kira-kira 19 bulan.

Penempatan selanjutnya lebih parah lagi, mas Suami loncat hingga ke bumi Sumatra dan membuat jarak keluarga kami semakin lebar (baca:jauh). Kondisi berjauhan dengan jarak kira-kira 1.087 km ini kami jalani kira-kira selama 3 tahun.

Syukur alhamdulillah anak-anak memaklumi kondisi ayahnya yang hanya bisa sesekali menemani mereka. Paling lama Mas Suami bisa berada di rumah hanya selama satu minggu, itupun karena cuti. Dan paling lama beliau nggak balik rumah hanya selama 4 minggu.

Dengan motivasi memperbaiki curiculum vitae supaya bisa kembali ke Tanah Jawa, Mas Suami beberapa kali ikut Ujian Nasional (hehe,kaya anak SMU aja Da..) untuk memenangkan beasiswa pendidikan. Dan pada suatu siang di tahun 2012, gw baca pengumuman kalo suami gw tercinta itu lulus..Alhamdulillah…

Yang jadi pikiran ternyata beliau lulus ujian untuk beasiswa pendidikan ke luar Indonesia (yeaaahh,tambah adooohh!). Pas Mas Suami ngasih tau gw kalo dia lulus pun dengan dialog yang sangat hati-hati, takut gw gak siap kali ya..Bahkan sempat juga beliau menawarkan untuk membatalkan kesempatan itu karena takut jarak yang sangat jauh.

Hehe, tadinya gw udah ngimpi-ngimpi aja mo nekad ikut kalo beliau berangkat kuliah, tapi tentu saja, too many things must be thinked..

Naa, gw mo nyoba daftar aja pertimbangan-pertimbangan yang harus dipikirkan bila gw mencoba menyusul Mas Suami :

1. Biaya

Dengan berbagai macam kebutuhan sehari-hari vs kebutuhan modal buat ngikut,yeah,masih dicoba buat ngusahain!

Tipsnya:hemat dengan bawa breakfast and kalo bisa bawa lunch dari rumah.

2. Kemampuan gw masak

Mulai belajar buat bikin makanan yang kira-kira sehat,murah, mudah, dan anak-anak doyan (hehe,syaratnya banyak amat yak!) such as: martabak, bakwan, makaroni, burger.Masih sekitaran itu aja, next, gw masih harus belajar masak sayur.

3. Cuaca

Lebih ke ketahanan tubuh anak-anak sih, bayangin aja, Semarang dengan kehangatan sinar mataharinya vs Yurop dengan angin mendayu-dayu dan mendung menggelayut, hehe..(biasain gak mandi ajah!)

4. Aro Era

Kalo anak-anak ikut gw nyusul dengan segala konsekuensi biaya, kesehatan, pendidikan, dan long flight vs kalo gw tinggal di rumah ama Bapak Ibu gw dengan resiko gw harus rela gak ngeliat perkembangan mereka selama beberapa waktu..(ahh,rugi banget)

Trus,dengan berderet-deret alasan dan pertimbangan itu, kemanakah gw harus memutuskan? Stay alone or get together? Hahaha, masih bingung aja gw..

Nah, sementara gw masih ngusahain buat nabung aja, plus nyicil dikit-dikit nyiapin kalo-kalo aja gw jadi ngikut Mas Suami. Kalopun akhirnya takdir berbicara lain, insyaAllah gw jg ikhlas untuk berdamai dengan kenyataan. But, tetep aja, gw harus keep dreaming kan yaa..

Yeah, masa-masa yang cukup menegangkan, namun gw bener-bener berharap kalo kami sekeluarga bisa lebih dekat, lebih mudah, dan lebih sering berkumpul. Mohon doanya ya temans…

Amiiinnnn

Seseorang yang kami rindukan

Seseorang yang kami rindukan

Film Yang Tak Terlupakan

Buat gw yang suka bosenan, ternyata ada beberapa hal yang sifatnya “gak ada matinye”. Beberapa diantaranya adalah film.

Malam ini salah satu televisi nasional menayangkan salah satu film yang bikin gw terinspirasi bikin list beberapa film yang bikin gw bisa bertahan melek buat nonton, ini dia:

1. Jurassic Park Series

Ni film buat gw masih aja keren sampe sekarang. Gw nonton pertama kali waktu SMU klo gak salah dan lagi seneng-senengnya ma pelajaran biologi dan kimia, which is film ini ide awalnya adalah ilmu rekayasa genetika yang bikin para dinosaurus itu bisa terlahir kembali. Keren banget kan?kan? Dengan dukungan tata visual yang yahud, cerita yang oke, serta akting dari para aktor dan aktris yang mumpuni tentu membuat gw tambah demen mimpi jadi dokter atau ilmuwan.

2. Toy Story Series

Tentu saja kisah Woody ama Buzzlightyear yang menyentuh kalbu ini bikin gw masih betah aja nongkrong depan tipi. Bahkan Aro pun ikutan ngefans ama Woody dan suka nemenin gw nonton.

3. Ice Age

Serigala Siber, Mammoth, dan Kukang jadi satu kawanan? Yeah, itu ada miripnya juga dengan gw dan temen-temen se genk yang kira-kira sama uniknya dengan mereka..

4. Terminator Series

Hehe, gw gak malu lho ngakuin kalo gw ngefans juga ama serial film ini. Menurut gw bagus, masih bisa dinikmati bahkan sampe sekarang.

5. Lord Of The Ring

Kalo ini emang ada pengaruh dari kecintaan Mas Suami atas film ini sih, tapi tetep harus gw akui, film ini keren.

6. Narnia Series

Kalo dibandingin LOTR memang Narnia ini lebih simple jalan ceritanya, tapi gw malah suka. Apalagi ama soundtrack film keduanya yang berjudul The Call, hmmm, favourite..

7. SPEED

Yes,ada yang ikut ngefans gak? Film jadul punya Om Keanu ini masih aja gak bosen gw tonton (kalo pas kebetulan ada saluran TV yang muterin sih). Buat gw, ini film pertama gw terkesima ama mas-mas,hehe..

8. Twillight Series?

Hihi, ayolah..walopun banyak yang bilang film ini sucks tapi gw sukak aja. Piye meneh, love is blind, Baby..

9. Hunger Games

Walopun masih keluar dua judul dari rencana filmnya, tapi gw udah suka ama Katniss, Effie, Peeta en Gale. Selain make up ama dress nya yang oke, cerita tentang heroine yang jadi simbol pemberontakan itu bikin film ini jadi keren dimata gw.

Hmm, apalagi ya?

10. Sherlock Holmes Series

Tentu saja, gw masih nunggu film ketiganya release, tapi kok belum ada kabar ya? Duh, gak sabar buat ngeliat Mas Sherlock muncul lagi dari kematiannya di Reichenbach Fall.

Well, kebanyakan film yang gw sukai ternyata serial ya?apakah itu berarti sesuatu?

Any answer?please…

Gelas – Gelas Kaca

Ada istilah darah lebih kental daripada teh atau kopi. Setahu saya istilah itu ingin menggambarkan bahwa hubungan darah lebih kuat daripada hubungan pertemanan ataupun pernikahan.

Tapi anehnya, lebih banyak orang nyaman menceritakan tentang kehidupannya dan menjadi diri sendiri justru dengan sahabat atau malah orang asing sekalian.

Sahabat-sahabat saya mungkin mempunyai lebih banyak cerita mengenai cupunya kehidupan SMA saya, teman-teman adik saya mungkin lebih mengenal hobi dan kegemaran adik saya, dan Bapak Ibu saya mungkin lebih merasa bebas becanda ngawur bila berkumpul dengan teman-temannya dibandingkan dengan kami anak-anaknya.

Padahal ya hubungan kami baik-baik saja, gak pernah terjadi pertikaian, kalau pas makan bareng ya bisa ngobrol, kami tumbuh sebagai anak-anak yang dikenal sopan dan nggak neko-neko. Yaah, looks like perfect family lah.

Kenapa bisa begitu? Apakah itu suatu kesalahan? Mari coba kita jawab.

Dari pemikiran saya yang cetek ini kemungkinan besar hal itu dikarenakan tanggung jawab peran.

Peran sebagai orangtua menuntut Bapak Ibu saya berperilaku yang baik, sopan, terpelajar, dan cenderung jaim di depan anak-anaknya. Sedangkan saya dididik untuk tumbuh menjadi anak pertama yang mempunyai tanggung jawab moral agar bisa menjadi suri tauladan yang baik bagi adik-adiknya akhirnya tumbuh kaya gini, kelihatan lempeng diluaran namun sering nganeh-nganehi kalo lagi gak jaim (btw apakah saya mempunyai kepribadian ganda??)

Padahal sebagai manusia biasa, pasti Bapak Ibu, saya dan adik-adik saya mempunyai banyak kelemahan dan kekurangan. No bodies perfect. Hanya saja hal-hal jelek seperti itu kurang terungkap di kehidupan sehari-hari kami.

Saya baru saja tahu jikalau sifat saya yang suka “tepat waktu absen” alias mepet-mepet jangka waktu ini menurun dari Ibu saya,hehe..(maaph ya Mamiiihhh, buka rahasia) dan sifat saya yang suka usil ngomong ini berasal dari Bapak.

Lucunya, hal itu terkuak (hayah,kaya misteri aja nih!) ketika saya membaca pesan dan kesan perpisahan yang ditulis oleh beberapa murid Ibu saya yang menasihati supaya Ibu lebih awal datang ke kelasnya,hehe..Saya yang udah tahunan jadi anaknya aja baru tahu kalo Ibu suka nelat. Trus Bapak yang suka usil terutama dengan murid yang bandel itu juga hasil laporan sepupu yang pernah menjadi anak didik beliau.

Nah, dari kejadian diatas, saya kok merasa bahwa lebih mudah menjadi “manusia biasa” ketika berhadapan dengan orang lain ya? Lebih mudah berperilaku konyol di depan sahabat saya dibanding di depan adik.

Apakah saya terlalu jaim sehingga akhirnya membatasi diri saya dan keluarga?apakah saya terlalu mencintai mereka hingga takut terlihat jelek di depan keluarga?apakah saya takut mengecewakan Bapak Ibu saya bila ternyata anaknya ini seorang “manusia biasa”?

Mungkin itulah jawabannya. Antara jaim, takut mengecewakan, takut tidak sempurna.

Hubungan saya dengan orangtua maupun adik-adik saya bukanlah hubungan yang buruk, namun menurut saya cenderung kurang jujur aja.

Kami lebih sering menghindari konflik, memendam masalah, ataupun menganggap suatu masalah akan beres dengan sendirinya tanpa harus dibicarakan blak-blakan karena terlalu takut menyakiti hati, terlalu takut menyinggung perasaan. Jadinya semacam memendam bara gitu. Seperti gelas kaca, kalihatan bening dan menarik namun rapuh bila kena hantam.

Yeah, mungkin memang budaya ewuh pakewuh keluarga kami begitu kuat ya, jadinya malah bikin keluarga itu cenderung rapuh bila suatu saat terkena badai.

Untuk sekarang ini saya sudah memulai agak sering berbicara mengenai banyak hal dengan Bapak Ibu namun dengan sikap yang lebih jujur. Kadang memang hati saya sakit bila menemui reaksi yang tidak diharapkan, namun menurut saya hal itu tetap lebih baik daripada kami hanya memendam masalah dan menggunakan ilmu kebatinan (alias cuma ngomong dalam hati).

Allah SWT telah memberikan keluarga kami cobaan begitu dasyat tahun 2013 ini, namun saya merasa ada hikmah dimana hubungan saya dengan Bapak Ibu menjadi semakin jujur dan terbuka (walaupun belum sepenuhnya blak-blakan, masih sering memakai kata kiasan,hee..)

Saya semakin menyadari cinta Bapak Ibu kepada kami anak-anaknya benar-benar tanpa syarat dan sadar bahwa sebanyak apapun saya berusaha untuk berdiri disamping Bapak Ibu dalam menemani mereka menghadapi badai ini tetap tidak akan sebanding dengan cinta yang dicurahkan dalam membesarkan kami.

Saya hanya bisa berharap supaya saya mendapat kemudahan dan kesempatan untuk membalas cinta mereka, membentuk hubungan yang lebih baik, dan menjadi orangtua yang lebih baik pula bagi anak-anak saya. Amiinn.

Cinta Tanpa Syarat

Semoga gw bisa terus memelihara uncondionally love gw,Amiinn

Semoga gw bisa terus memelihara uncondionally love gw,Amiinn

Untuk mengungkapkan rasa syayang gw ke suami, gw kirimlah lagu Unconditionally nya Mbak Katy Perry lewat messenger dan Mas suami hanya menjawab “tenane?”(hehe,takjub deh ama reaksi beliau ini)

Yah,gw mikir lagi buat ngejawab pertanyaan itu. Dan akhirnya gw jawab bahwa insyaAllah cinta gw ke beliau memang tanpa syarat namun dengan kesadaran bahwa beliau memang pantas dicintai sebagai tambatan hati karena hubungan kasih sayang kami, karena persahabatan kami, dan karena tanggung jawab kami sebagai suami istri. Beliau pun meresponnya dengan ucapan terimakasih.

Emang kalo dipikir-pikir, gak bisa sembarangan mengucapkan cinta tanpa syarat ini karena menurut gw itu gak mungkin lah yaw(jaman gini kok!). Kecuali rasa cinta orang tua terhadap anak ya, kayanya rata-rata bakal unconditionally love semua.

Jadi kenapa unconditionally love terhadap pasangan menurut gw itu gak mungkin kalo diterapkan secara harfiah (tanpa syarat alias cinta buta gt lah) karena pemahaman gw terhadap cinta memang tetep memuat bibit, bobot, dan bebet. Sementara gw bisa bilang unconditionally love ama suami itu terjadi khusus untuk hal-hal yang memuat takdir Tuhan didalamnya dimana kita gak bisa mengelak dan gak bisa diusahain lagi.

Maksudnya gini nih, bahwa gw cinta suami karena suami gw baik, mengasihi suami gw dan anak-anak, bertanggung jawab, dan segala hal baik yang dia punya hingga gw yakin mo diajak berumah tangga ama beliau sementara unconditionally love gw ama suami ketika itu menyangkut hal seperti gw tetep cinta beliau gak peduli beliau belum dapet gelar master, gw tetep cinta beliau gak peduli beliau kurus atau gemuk, dll lah yaw.

Nah, di lagunya Mbak Kety juga disebutin kalo acceptance is the key of love yang bikin kita juga harus mikir lagi lho bahwa gak semua pemakluman atau pengertian atau anulirisasi bisa diberikan.

Harus ada batasan yang jelas dimana kita bisa melakukan perbuatan-perbuatan atau mempunyai sifat yang membawa dampak negatif bagi perasaan pasangan kita.

Misalnya gw gak bisa masak kaya Ibu mertua, Mas Suami maklum, dan gw memang berusaha belajar masak (kalo rajinnya lagi kumat). Trus kegilaan Mas Suami ama game online, beuuhh, kalo gak dimaklumi kayanya bakalan patah hati deh, soalnya emang itu alesan beliau bisa selamat dari kehidupan jomblo lokal yang menjemukan. Tapi kalo pas beliau lagi kumpul anak-anak dan tetep ngegame online sih gw bakal tegur juga.

Oiya,pernah denger quote yang bagus juga dari Pak Mario Teguh bahwa kesetiaan dan kebodohan itu beda tipis dimana kesetiaan itu harus dibarengi dengan alasan yang masuk akal karena kesetiaan tanpa alasan yang masuk akal maka itu sudah termasuk kebodohan.

Beliau mencontohkan seperti seorang gadis yang rela menunggu pemuda baik-baik idamannya selesai kuliah untuk menikahinya itu dinamakan setia sedangkan seorang gadis yang rela menunggu pemuda idamannya untuk menikahinya sementara pemuda itu diketahui punya sifat yang buruk seperti suka merendahkan perempuan maka itu adalah kebodohan.

Gw pernah baca nopelnya Twillight juga ada pernyataan cintanya Mbak Bella ama Mas Edward yang gak peduli kalo dia pampir, gak penting gitu katanya..

Hehe, iyalah lha wong Mas Edwardnya superb ganteng gt, mana dia peduli itu manusia atau makhluk jadi-jadian..

Badai Pasti Berlalu

Dari beberapa minggu lalu eman udah berasa ya kalau cuaca sepertinya kurang bersahabat, Aro Era sampe sempat demam menyambut musim hujan ini. Gw ama Bapak Ibu pun ikut bersin-bersin n berasa galau gitu karena badan rasanya “nggregesi” (not delicious gt deh).

Nah, yang gw sempat gak enak hati, kemarin ada omongan gw yang keterlaluan dan baru kepikiran setelah beberapa waktu melontarkan komentar konyol gitu. Biasalah, namanya kecepatan lidah gt itu lebih cepat dari kecepatan otak gw dalam berpikir jadi sering “ketrucut” ngomong gak penting.

Jadi waktu itu Ibu ngomentari berita di telepisi tentang badai Haiyan di Filipina yang menewaskan ratusan ribu korban, gambar menampilkan kekacauan yang terjadi mirip ketika bencana tsunami Aceh tahun 2004 lalu.  Seharusnya kalo gw orang baik maka komentar yang keluar berupa pernyataan simpatik ya, tapi ternyata gw malah berkomentar aneh tentang badai tersebut. Gw gak terlalu inget komentarnya, hanya saja komentar itu berhasil membuat Ibu langsung mengecam omongan gw. Ibarat kata kalo gw selebritis atau tokoh masyarakat pasti bakal jadi headline ya*ngayal geje lagi.

Memang ya, kadang gw suka telat muncul rasa empati terhadap penderitaan sesama gitu, pernah kepikiran malah kalo tiap orang pasti bakal mengalami suatu masa ujian dari Tuhannya, masa enak terus sih..(sotoy banget ya,hehe). Kalo pas kebeneran sih emang baru kepikiran ya kalo tiap manusia pasti mempunyai ujian masing-masing, namun kalo kita bisa ngebantu ya pasti lebih baik.

Gw inget pilemnya Jim Carey yang Bruce Almighty kalo gak salah. Cerita berawal dari Jim Carey yang merasa mengalami hari yang buruk dimana dia terlambat masuk kerja karena jalanan macet gara-gara ada mobil yang mogok. Dia mengeluh terus tapi nggak ikut membantu orang yang mobilnya mogok tersebut hingga malah akhirnya ikut membuat orang-orang disekelilingnya emosi. Gw kadang emang jadi orang dengan tipe tindakan kaya gitu, karena emang lebih mudah mengeluh daripada bertindak, tumpul dan tidak berempati terhadap kesulitan orang.

Etapi gw pernah juga ding, pas gw yang gilirannya kesusahan terus ditolong atau dibantu ama orang lain. Pas gw vertigo gara-gara gak biasa kerja berat di front office, temen-temen FO langsung back up kalo pas gw dapet berkas yang lumayan banyak, trus pas gw sedih karena melihat kondisi Bapak Ibu yang lagi dihantam badai juga, gw dihibur ama Uda (*ih, senengnya..)

Bantuan-bantuan kecil itu mungkin emang gak berarti banyak, namun itu lebih baik karena kepedulian kita terhadap sesama memang harus lebih ditingkatkan. Sapa tau pas kita kena musibah akan ada bantuan yang kita tidak sangka, akan ada kemudahan urusan maupun balasan kenikmatan yang tidak kita duga. Gw nulis ini juga sebagai pengingat agar lebih berempati terhadap kesulitan orang lain, lebih peduli terhadap sesama, dan yang paling penting agar gw gak sembarangan ngomong tentang kesusahan orang.

Oiya, saran aja, kalo pas denger cerita tentang kesusahan orang atau suatu musibah jangan sampe kita komentar “Wah, kalo gw jadi orang itu pasti gw akan….” cukup hibur orang itu, beri bantuan atau cukup diam aja. Ngeri cuy kalo komentar ky gt mah, tau-tau kita beneran dikasih cobaan lho. Ngerti kan maksud gw??

Oiya, tentang badai Haiyan itu ternyata efeknya sampe Indonesia juga ya, cuaca bener-bener kurang enak. Siang panas banget, malemnya mendung pake angin gitu. Ni di Semarang aja mungkin hanya efek samping yang tarafnya jauh banget dari kerusakan dan cuaca di Filipina ya, duh, gak bisa bayangin para korban badai yang ada disana. Ayo monggo yang mampu membantu disilahkan. Salurkan bantuan lewat lembaga resmi dan terpercaya jadi kemungkinan bantuan Anda akan sampai pada orang yang dimaksud.

Semoga kita bisa melewati badai ini dengan baik ya. Jaga kesehatan, insyaAllah badai ini akan berlalu. Inget juga akan ada pelangi setelah hujan..

 

 

 

Ter-Sherlocked

Oh yes..oh noo.. gw yang dulu hobi banget nonton CSI Chicago ampe rebutan remote TV tiap malem ama anak kayanya sekarang ini udah ganti haluan. Mungkin juga gara-garanya CSI Chicago udah gak tayang lagi di jam gw nonton TV dan gantinya, CSI Miami kok menurut gw ceritanya lebih banyak di penyelidikan kepolisiannya, nggak kaya CSI Chicago yang lebih berat cerita penyelidikan forensiknya.

Yes, gw dulu sempat bercita-cita jadi dokter karena jas putih itu keren, tapi pas ngeliat pasien-pasien Puskesmas kebanyakan mengeluh waktu itu gw jg berpikir kayanya lebih safe jadi dokter forensik aja dimana pasien yang ditangani hanya bisa diam a.k.a udah gak hidup cyinnn..(spooky)

Makanya kalo nonton CSI Chicago itu gw berasa jadi dokter jg gitu..Naa,di CSI ini penyelidikan forensiknya sebagian dibantu oleh alat-alat super canggih yang menganalisa bukti dari kejahatan. Duh,gw super duper terkesima deh pokoknya ama tu dokter detektif..

Tapi dasar gw juga orang yang labil ya, dimana suatu saat gw nonton Robert Downey Jr jadi Sherlock Holmes..Hualaahh, gw langsung jatuh cinta lagi (berasa puber gt deh kakak..)Gak cuma berhenti nonton pilem layar lebarnya, gw juga mulai searching buku ama nonton serial tipinya juga.

Yang gw suka dari Sir Sherlock ini karena teorinya yang sederhana dan masuk akal. Walaupun sering gak dibantu alat-alat super canggih, dia bisa mecahin kasus dari hal-hal yang menurut orang lain sepele. Kuncinya menurut gw adalah perhatian pada detil dan analisa kealamiahan dari tingkah laku manusia.

Contohnya dari dasi yang berlubang, ada kemungkinan pemakai dasi tersebut adalah pekerja kantoran dan mempunyai kebiasaan merokok, trus pintu rumah gw yang bagian bawahnya baret-baret dapat diambil kesimpulan bahwa pintu baret dibawah karena kena bagian dari motor, trus motor diparkir dalam rumah, trus lagi orang-orang yang memakai motor tersebut bersifat clumsy karena motornya sampe kena pintu itu. Kayanya simpel but rumit juga mah kalo dilakonin di kehidupan sehari-hari..hehe

Walopun telat banget nonton serialnya yang konon udah akan menginjak season 3, gw gak keberatan buat ngebut nonton. Dan favorit gw emang pas ada Irene Adler, seorang cewek yang cukup lihai sehingga membuat Sherlock kagum karena berhasil mengelabuhi Sang Detektif cerdik, ihiiirrr..Dalam novelnya yang berjudul “Scandal in Bohemia” disebutkan bahwa Irene Adler lah wanita yang istimewa dalam perhatiannya. Ini bukan berarti bahwa Sherlock telah jatuh cinta padanya, hanya menaruh rasa hormat dan perhatian lebih gitu deh.

Emang ya, kecerdasan itu menurut gw sesuatu yang seksi dan bisa bikin lebih awet klepek-klepeknya kalo kita naksir seseorang. Dalam serial tipi Sherlock versi Inggris berjudul “Scandal in Belgravia”, Irene dapat mengelabuhi Sherlock dengan kematian palsunya yang diartikan oleh dr. John Watson telah membuat Sherlock patah hati, lalu Irene juga membuat Sherlock terpana karena dapat menguak misteri kematian turis akibat lemparan bumerangnya tanpa penjelasan dari Sherlock, padahal Watson saja belum dapat menarik kesimpulan apa-apa.

Irene pun diindikasikan mengagumi Sherlock karena kecerdasan dan kecerdikannya dalam mengamati sesuatu (seperti body measurement Irene yang digunakan sebagai password brankas Irene). Kekaguman itulah yang kemudian diketahui oleh Sherlock ketika hampir putus asa membuka password phone camera Irene yang berisi data penting pemerintahan karena password Irena adalah nama Sherlock sendiri.

Salah satu quote dari Sherlock yang saya paling ingat adalah ” Kau tak mengamati, walaupun kau melihat. Bedanya jauh sekali..” Yes, gw sebagai manusia biasa memang cenderung seperti itu. Bahkan Bapak gw potong rambut aja gw kadang gak nyadar. Pinginnya sih mulai sekarang bisa lebih memperhatikan keadaan sekeliling, mengamati orang-orang di lingkungan kita karena pasti informasi tersebut berguna untuk kehidupan kita sehari-hari ya.

Oiya, sebagai praktek gw udah mulai memperhatikan temen kerja sebelah kursi yang hari ini memakai perhiasan, padahal biasanya dia gak pake. Gw nebaknya kemarin weekend mungkin dia menghadiri kondangan sehingga harus memakai perhiasan dan yes, gw bener. Cihuiii…So, beware people..I’ll watch you sometimes..(gaya poll..)