Another Mockingjay

Katniss Everdeen, hanya seorang gadis sederhana dari distric 12. Tiba-tiba menjadi “Mockingjay” bagi pemberontak di seluruh distric negara Panem, menjadi simbol revolusi bagi kaum tertindas.

Aksinya yang spontan untuk melindungi Rue, penolakannya untuk membunuh rekan peserta Hunger Games ke 74 dan romansa -di depan kamera- dengan Peeta membuat penduduk Capitol City mencintainya, simpati terhadap penampilannya, dan bersedia menjadi sponsor atas kebutuhannya.

Katniss Everdeen, the girl on fire yang hanya ingin melewati masa pertarungan Hunger Games secepatnya, lalu kembali ke pangkuan kampung halamannya yang sederhana.

Namun kegilaan Capitol City untuk mengeksploitasi kehidupannya, membuatnya tak berhenti disorot kamera, membuatnya harus rela ditonton ribuan mata.

Semuanya harus tampak sempurna, tanpa cela. Tak bisa lagi bersikap seenaknya, apalagi memperlihatkan muka kucel berkeringat.

Katniss Everdeen, sang “Mockingjay” seluruh distrik Panem, sebenarnya muak dengan kamera, muak dengan pertumpahan darah, dan dirinya hanya merasa menjadi pion bagi orang-orang yang menggunakan kepopulerannya.

Pemerintahan Capitol yang kejam memang perlu revolusi, namun menggantinya dengan rezim baru yang sama terobsesinya dengan kekuasaan hanya akan mengganti nama rezim itu sendiri.

Kisahmu kiranya cukup nyata buatku Katniss, kisah seorang Mockingjay yang dijadikan simbol oleh orang-orang yang menginginkan revolusi. Membuatnya alat untuk merengkuh kepercayaan rakyat.

Garuda di dadaku

Garuda di dadaku

Namun sayangnya dia tak cukup berani untuk menolak berdirinya rezim baru, menolak ambisi beberapa orang untuk berkuasa.

Katniss, tolong katakan padanya, untuk menjadi seorang Mockingjay yang berani, yang tahu siapa musuh sebenarnya, dan yang dapat bertindak sesuai semangat revolusi itu sendiri.

Revolusi bukan hanya menggulingkan kekuasaan, revolusi itu perbaikan, meluruskan yang melenceng, mengembalikan kebenaran.

Katniss, salam untuk Peeta dan Haymitch yaa!

Note: siapakah another Mockingjay itu?

21 thoughts on “Another Mockingjay

  1. Katniss-nya yang lagi ngantor di Bogor? Atau bukan? Atau ini konteksnya beda, Mbak?
    Ya, memang mesti berani untuk benar… :hm

    Sayang saya trilogi HG cuma menonton film pertamanya saja dan belum pernah baca novelnya. Pantas kudet begini :huhu.

    • Ho’oh Ru, Hunger Games mah lebih menyedihkan dari LOTR, sadis gitu. Tapi aku emang excited krn J-Law mainnya bagus. Novelnya pun sedih..
      He, satriopaningitnya masih dalam pingitan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.