Para Tamu di Kota London

Sebagai salah satu kota kosmopolitan dunia, London tentu menarik bagi jutaan orang. Dari yang sekedar ingin berkunjung, ataupun mencoba peruntungan dengan mencari nafkah.

Para pendatang ini menurut gw sudah mendominasi kota London, dimana-mana lebih sering ketemunya ama orang Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan Asia. Bahasa yang dipake pun macem-macem, dan tak semuanya fasih berbahasa Inggris, sama kaya gw😑.

Warung-warung, restoran, cafe, toko souvenir bertebaran di seluruh penjuru kota. Mau milih makanan dengan cita rasa apa aja kayanya lebih mudah ditemui di London, dari masakan Italia, Thailand, maupun Libanese. Warung Padang pun katanya ada beberapa disini, namun sayang gw gak sempat nyambangin karena jalurnya gak termasuk dalam daftar lokasi kunjungan.

Tapi tetep aja ya, walopun para warung itu bertebaran, dan sungguh menggoda untuk dicicipi, kami tetap bertahan pada prinsip hemat pangkal kaya karena harga seporsi menu emang lumajan mihil bow, jadinya cuma mupeng numpang lewat doang.

#turis perhitungan

Dampak dari banyaknya pengunjung kota London, baik sebagai turis maupun imigran pasti ada kurang lebihnya. Pendapatan dari para pendatang kota London merupakan pemasukan yang lumayan besar bagi pemerintah Inggris, namun yang namanya ngatur orang banyak dan berasal dari berbagai macam budaya pasti sangat sulit.

Polisi di kota London gw lihat cukup galak, sekaligus ramah. Pengalaman lihat seorang turis Eropa di gelandang ama Pak Pol gara-gara melanggar perintah supaya gak nyebrang jalan waktu Changing Guard mo dimulai, eh, mas turisnya masih nekad. Di depan umum si turis diomelin pake cara yang herannya menurut gw masih “elegan”😁 tapi tetep bikin malu, haha, sukurin.

Desel-deselan lihat Changing Guard

Desel-deselan lihat Changing Guard

Lain waktu, gw lihat ada truk es krim nekad berhenti di atas Tower Bridge untuk melayani pelanggan beli es krim, gak lama kemudian sirine Pak Pol udah bunyi aja dong mendekat. Hehe, bagus Pak, kalo gak tegas gitu takutnya London jadi semrawut lho Pak, kaya ibukota negara kami ini nih.

Sempat naik bis double decker yang tersohor itu, dan menemukan para penumpang yang bising banget ngobrol sambil ketawa-tawa, ternyata para turis juga. Gw berani nge klaim itu turis, karena selain mendengar bahasanya yang bukan bahasa Inggris, juga setahu gw, orang UK bertipe tenang elegan. Jarang banget gw ketemu orang UK yang tone suaranya tinggi dan berisik, jadi kalo naik transportasi umum atau masuk public area suasananya masih enak bareng para ladies and gentleman ini.

Ngantri naik bis

Ngantri naik bis

Pengalaman lain yang gak bakal lupa, ketika suatu saat kami ngantri nge-tap kartu oyster di suatu stasiun, waktu itu gw antri di pintu khusus yang bisa dimasuki lebih dari satu orang karena pintu ini memang ditujukan untuk orangtua yang bawa bocil, (dimana para bocil ini masih belum kena tarif angkot) dan orang yang bawa stroller atau tas geret. Nah, belakang gw ini ada seorang pemuda imigran (bukan bule) yang tingkahnya agak mencurigakan, dia ikut ngantri di belakang gw walopun gak bawa anak atau barang bawaan berat.

Otomatis gw waspada megang bocil dan tas yang jadi tanggung jawab gw, plus siap-siap teriak kalo orang itu nekad gangguin, tapi ternyata nothing dangerous happened, Alhamdulillah.. Dia mepet cuma mo nebeng lewat pintu masuk stasiun tanpa bayar ongkos kereta, abis itu juga langsung ngacir gw liatin terus. Yeah, ternyata ada juga imigran nekad gini ya, padahal denda yang diberlakukan bagi para pelanggar aturan ini (kalo ketahuan) cukup besar lho.

Alhamdulillah juga, kota London (dan kabarnya negara Inggris pada umumnya) masih termasuk daerah yang sangat toleran dengan imigran, dan muslim. Ini penting banget buat gw yang berkerudung dan takut banget ama hal-hal berbau intoleransi.

Malah gw diceritain ama host dari Wisma Siswa Merdeka, kalo Londoners udah gak terlalu memikirkan SARA. Mereka lebih peduli perbedaan antara klub sepakbola yang mereka dukung. Di stasiun underground Holloway Road, stasiun terdekat dari Emirates Stadium, dipasang pembatas dari besi sepanjang jalurnya untuk mencegah para suporter bentrok saking antusiasnya mereka terhadap pertandingan sepakbola.

Bukan the Gooners kok

Bukan the Gooners kok.

Yah, yang penting memang kita sebagai tamu, pendatang, bukan orang asli sono memang selayaknya menghargai kebudayaan dan peraturan daerah yang kita kunjungi. Dimana kaki berpijak disitu langit dijunjung. Kalo situ sopan, maka kami segan.

#edisi stiker truk Pantura

32 thoughts on “Para Tamu di Kota London

  1. Hihi, lebih peduli perbedaan klub sepakbola ya, Mbak? Syukurlah warga asli sana toleran 🙂
    Pulang malu, tak pulang rindu *edisi truk yang lain* 😀

    • Kata host Wisma Siswa Merdeka sih gitu Mi, situ suporter mana, Jakmania atau bonek? Hihi, kira2 gitu kali klo di Indonesia.
      Piye, isih enak jamanku to..
      #gambar si mbah

  2. Hihi iya ya Mbak turis mancanegara yg dtg ke Inggris pun kayaknya byk yg fans2 klub bola, secara premier league mendunia bgt kan. Asyik bgt jalan2nya Mba Ziza 😊😍 Aaak kpn aku ke sana, yg pasti selain London, pgn bgt ke kota Manchester, Old Traffoooooord 😍

  3. Tempat yang ramah pendatang itu memang satu hal positif, tapi pendatang yang ramah dengan kebiasaan dan adat tanah yang dipijaknya juga satu hal lain yang mesti diperhatikan ya Mbak :hehe. Intinya semua orang sama-sama ingin tempat di mana mereka berada jadi tempat yang nyaman untuk ditinggali dan juga dikunjungi :hehe.
    London itu kota yang sejarahnya puol banget ya Mbak :hehe. Kepingin deh suatu hari bisa menyambangi tempat-tempat wisata yang ada di sana :amin.

  4. Amiiin, klo Gara kesini, pasti gak cukup seminggu deh..
    Setahun dua tahun ajah, sekalian sekolah ya..
    😁😁😁.
    Bener deh Ga, dimana2 memang hrs taat aturan, demi ketertiban.
    Klise tp bener to?

    • Salam kenal jg Winny😊
      Duh, aku juga gak kebayang bisa sampe sini Win, dulu cuma ngimpi2 aja ke London. Alhamdulillah diberi kesempatan kesini, alhamdulillah bnget!
      Semoga Winny juga ada rejeki dn kesempatan kesini yaa

    • Weh, ni emang emak2 gahul, pinginnya nonton bola atau ngintip mas2 bule pemain bolanya Dil?hihihi..
      Aku juga parno bukan hanya rasisme Dil, dsinisin dikit udh ngerasa “sakitnya tuh dsini”

  5. Iya nih, pas kemarin ke London, seneng rasanya lihat orang2 yang “berwarna-warni” campur baur… Pas di tube station, sempet liat 2 perempuan berkerudung, satunya bercadar juga, kebingungan mau dorong stroller naik escalator… Kebeneran ada 2 cowok bule, mereka dengan sigap langsung bantuin… Adem aja liat yang gituan 🙂 Duh, kangen London, kangen Inggris… Doain aku bisa segera ke sana lagi ya, Ziza….

  6. Menarik ini. Kalau di sana ajak makan temen bule ke warung padang trus ngeliat kita makannya langsung belepotan pake tangan (tanpa sendok-garpu), mungkin mereka bakal terkesima terlongong-longong kali ya.. :mrgreen:

  7. Alhamdulillah kalok toleran dengan muslim dan muslimah ya, Mbak.. 😀

    Kebanyakan negara kayak Perancis dan Jerman kan rada anti gitu.. Serem mbayanginnya >,<

    • Kayanya negara Eropa juga pobia ama muslim selain krn media yg menyebarkan berita negatif juga krn mereka merasa terdesak secara ekonomi dan pertumbuhan penduduk Beb. Komplit masalahnya, hihi

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.