Kok ke St. Andrews sih?

Tahun 2000an, adalah masa yang cukup sulit buat gw lalui, kenapa? Karena waktu itu Indonesia masih dalam rangka pemulihan badai krisis ekonomi jadi imbasnya uang saku sekolah gw mefet banget, karena waktu itu pelajaran sekolah kok ya lagi susyah-susyahnya, ngitung integral, gaya gravitasi, dan persamaan linear gerakan roket yang, aduuh..berat men. Tapi dua itu belum apa-apanya dibanding kabar dari sebuah koran infotainment yang menyesakkan, Pangeran William dari Inggris jadian ama cewek temen sekolahnya, uhuuuk, jleb lah..

Waktu itu gw langsung penasaran seperti apa temen ceweknya ini, sekolah dimana, anak siapa..😝😝. Setelah cari info sana sini, akhirnya tau kalo Mas Willie dan Mbak Katie ini ketemu dan saling naksir di University St. Andrews.

Setelah melewati masa pedih denger cerita jadian mereka, ternyata gw malah penasaran ama universitas dan kota kecil nan kuno ini. Kenapa Mas Willie sekolah disitu, kaya apa sekolahnya dan pastinya sejarah kota St. Andrews itu sendiri.

Gak seperti bayangan gw yang tadinya underestimate ama Univ St. Andrews dan kota St. Andrews, ternyata kota kecil ini mempunyai banyak cerita, banyak sejarah kuno. Nama kota ini diambil dari nama seorang tokoh bernama St. Andrews (salah satu murid Isa Almasih) yang  sangat pandai bersosialisasi dan mencari pengikut. Andilnya dalam penyebaran agama Kristen membuatnya menjadi tokoh pelindung di daerah Scotlandia, Yunani, dan Rusia. Kisah kematiannya yang berakhir di tiang salib berbentuk diagonal pun menginspirasi bentuk bendera Scotlandia.

Beberapa reruntuhan gereja dan benteng kuno membuktikan banyaknya peperangan dan kejadian yang dahsyat pernah dilalui kota ini. Bangunan-bangunan kuno tersebut, walaupun sebagian hanya berupa bagian-bagian tembok tak sempurna, namun tetap kelihatan terjaga. Perkiraan gw, kalo gak sengaja dirusak atau kena kejadian alam yang parah, mungkin bangunan itu akan bertengger dengan gagah di ujung bukit kota.DSCF0237

Gate

Gate

Reruntuhan Katedral

Reruntuhan Katedral

Reruntuhan katedral

Reruntuhan katedral

Jalan sudut kota

Jalan sudut kota

 

Pun Universitas St. Andrews sendiri prestasinya ternyata gak baen-baen. Universitas kuno ketiga di negara berbahasa Inggris setelah Cambridge dan Oxford, juga merupakan universitas tertua di Scotlandia ini masuk ranking antara tiga terbaik se UK sampe 50 terbaik dunia (tergantung jurusannya). Beberapa tokoh penting di Inggris Raya dan Scotlandia (selain sang Pangeran dan Putri) pernah sekolah disini, ndak sah disebutin tapi yaa (ndak ditanyain pas Ebtanas kok).

Pengen jadi adek kelasnya Mas Pangeran

Pengen jadi adek kelasnya Mas Pangeran

Yang menarik, di salah satu dinding Universitas tertera salah satu informasi yang wow banget, Gregorys Meridian Line. Garis yang diciptakan oleh James Gregory,  membelah bola dunia menjadi barat dan timur di tahun 1673. Garis meridian ini diciptakan jauh sebelum Greenwich Prime Meridian disyahkan sebagai acuan pembagian zona waktu dunia di tahun 1884. Menurut beberapa ahli matematika, Gregorys Meridian Line dinilai lebih akurat dalam pembagian zona waktu (selisih 12 menit lebih awal), namun karena pada akhir abad 19 banyak negara yang menggunakan Greenwich Mean Time sebagai acuan waktu, maka akhirnya GMT diputuskan menjadi standart pembagian waktu dunia.

Abaikan sang Mbak2 dan duo bocilnya😿

Abaikan sang Mbak2 dan duo bocilnya😿

Gregorys Medirian Line,  sebiji garis di trotoar yang membelah dunia

Gregorys Medirian Line, sebiji garis di trotoar yang membelah dunia

Jasa James Gregory dalam dunia ilmu pun banyak, menciptakan teleskop Gregorian, serta salah satu matematikawan yang juga menciptakan kalkulus bersama Newton dan Leibniz. Penemuannya yang gak kalah penting yaitu meletakkan dasar Prinsip Diffraction Grating (nyang ini cari sendiri penjelasannya yeee, rumit bin ajib deehhh..)

 Selain itu, disini ternyata adalah kampung halamannya olahraga golf. Lapangan golf kuno itu bernama Old Course, masih terawat rapih hingga kini, dan masih menjadi kesayangan para olahragawan golf terkemuka dunia.

Yaah, Alhamdulillah banget ternyata pernah mampir di kota penuh kenangan gini. Setelah satu setengah dekade cuma bisa bayangin Mas Willie dan Mbak Katie jalan gandengan tangan menuju kantin, eh sekarang gw gak mau kalah mesra dengan menggelendot manja ke pundak Mas Suami 😘.  Tsahhh..

Oiya, gw malah dari tadi gak ngejelasin letak kota St. Andrews ya, jaraknya kira-kira 16 km arah tenggara Dundee, dan kira-kira 50 km arah timur laut kota Edinburgh. Kalo mo kesini, bisa naik bis atau kereta dari Edinburgh (ke arah Dundee) lanjut naik bis yang tiketnya gratis sepaket ama kereta, atau langsung naik bis jurusan St. Andrews.

Oiya lagi, karena letaknya di tepi timur Pantai Fife, Scotlandia, kota kuno ini berangin semribit, kuenceng angine. Bayangin aja para lelaki Scotland pake kilt tanpa daleman, pasti harus tangguh banget supaya gak masuk angin.

Tepi pantai

Tepi pantai

DSCF0193DSCF0224

#Udahlah jangan nurut ikut bayanginn.😝

28 thoughts on “Kok ke St. Andrews sih?

  1. Semriwing ye pastinya anginnya Mbak :haha. Eh tapinya saya jadi bingung juga, itu garis sebiji gimana bisa membagi dunia ya? Saya pikir garisnya musti panjang banget, eh itu kok jadinya cuma sepersekian meter sih panjangnya? *bingung* *gagalfokus*. Bagus kotanya Mbak, berasa sekali aroma Britania Utaranya. Dengan pantai berbukit dan berangin kencang, kastil yang hancur tapi masih terjaga, ah mudah-mudahan saya bisa ke sana.

    By the way, saya baru tahu lho kalau Pangeran William dan istrinya itu sudah jadian dari tahun 2000. Kudet ya saya?

    • Kalo di wikipedia garisnya panjang membentang dari St. Andrews itu Ga, cuma kmrn males comot gambarnya itu sih, pdhl lebih memperjelas informasi ttg GML ini ya😿 Iyes, kotanya bagus. Gara ditunggu di bandara Edinburgh ama PPI cabang Scotlandia, cepetan daftar sekolah gih.
      Hiks, km bukan kudet kok Ga, aq nya aja lebay pas ABG.

  2. Za, mosok para pria iku ga nggawe daleman? Huahaha dibahas😆😆 aku baca Leibniz kok jadi ingat biskuit asal Jerman yo. Teronggok dirumah dikasih temen. Apa ada hubungannya 2 nama ini *mikir.

    • Bwahahaha, aq pernah denger gosip gt Den.
      #plis jangan dicari buktinya😝
      Mungkin mbah Leibniz ini masih satu marga ya?
      Kaya dulu aq mikir hubungannya Bond Street di London ama James Bond, jebul ra nyambung blas🙈

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.