Duduknya Yang Bener To

Pesawat jurusan Surabaya Singpore akan take-off namun tertunda gara-gara seorang Madura dengan tiket ekonomi tapi duduk di kelas bisnis.
Joni, pemilik kursi bisnis : ”Maaf Pak… Ini kursi saya”
Madura : ”Sopo sampean..?”
Joni : ”Saya penumpang yang duduk disini pak..!”
Madura : ”Penumpang..?Aku juga, aku yo mbayar cak..! Podo penumpang e kok ngatur, gak iso cak..!”
Joni lalu lapor ke pramugari.
Pramugari : “Maaf pak.. dari tiket Bapak mestinya duduk di belakang”
Madura : “Sopo sampean..?”
Pramugari : “Saya pramugari”
Madura : “Pramugari.. ? Opo iku, aku gak ngerti dik, ngomong sing gampang ae..!”
Pramugari : “Pramugari itu yang melayani penumpang selama penerbangan”
Madura : “Oh, pelayan..? Aku iki penumpang, aku nang kene mbayar, sampean ojo ngatur² aku..!! Gak iso..!! Aku pengen lungguh kene..!!”
Pramugari habis akal, dia memanggil pilot.
Pilot : “Maaf pak, mestinya bapak duduk di belakang..!! “
Madura : “Sopo sampean?”
Pilot : “Saya pilot pak”
Madura : “Opo iku pilot..?? Lek ngomong seng gampang² ae dik..!! Aku gak ngerti..!!”
Pilot : “Pilot itu yang mengemudikan pesawat ini”
Madura : “Oh sopir..?? Hey sopir.. aku iki penumpang, aku numpak iki mbayar, sampean sopir ae ngatur², gak iso, aku pengen lungguh kene..!!”
Poltak, orang Batak yang baru masuk pesawat mendengar ribut² bertanya pada pilot, kemudian dia manggut² dan mendekati si Madura itu sambil membisikkan sesuatu di telinganya, si Madura itu lalu bangkit dari tempat duduknya sambil ngomel:
“Oh sopir goblok, pelayan goblok… selamet aku gak lungguh kono, jatuk o lak kesasar aku rek..!!”
Lalu dia pindah ke belakang, pilot merasa takjub, dia bertanya pada Poltak:
“Apa sih yang bapak bisikkan, koq tiba² dia sukarela pindah kursi?” Poltak menjawab: “Saya tanya bapak mau ke mana? Dia jawab mau ke Jakarta, saya bilang bapak duduknya salah, kalau Jakarta duduknya di belakang, yang depan ini turun di Singapore… !!!”
😸😸😸
(Disclaimer: guyonan ini hanya sebagai ilustrasi, tidak bermaksud merendahkan suku tertentu)
Pernah baca atau malah mengalami kejadian kaya gitu?
Sebagai pengguna angkutan umum yang lumayan sering, gw beberapa kali mengalaminya lho. Dari naik bis jarak jauh sampai pesawat udara.
Yang gw maksud disini adalah kejadian dimana seorang penumpang yang gak tertib duduk sesuai dengan kursi yang tertera di tiket yang dibelinya. Tentu saja yang diomongin disini adalah tiket pada moda transportasi yang memang menyediakan fasilitas pemilihan tempat duduk, bukan moda transportasi macam siapa cepat dia dapat.
Jaman sekarang, Indonesia sudah cukup maju. Kereta api dan pesawat menggunakan sistem online untuk proses pembelian tiket, baik pemesanan maupun pembayarannya. Dalam proses booking itu, terdapat informasi peraturan perjalanan, harga tiket, jurusan, dan nomor kursi yang bisa dipilih sesuai dengan kemauan.
Tapi kenyataannya, beberapa pemakai moda transportasi kok ya ada aja yang ngeyel dilihat dari kejadian pelanggaran peraturan perjalanan ataupun masalah duduk menduduki ini.
Beberapa kali gw kepentok ama penumpang yang sepertinya tidak mau tahu dengan hal ini. Ada yang mlipir malu, beringsut duduk ke tempat yang sesuai dengan tempat duduknya ketika ditegur, ada pula yang malah cuek nggak ngerti etika walaupun diberi tahu😿.
Gw sendiri, menanggapi orang-orang model ginian liat sikon juga. Apakah akan meneruskan perjuangan merebut kursi yang dipesan, atau merelakan dengan mendoakan si dzolim dengan gaya melas tertekan.
Perjuangan gw ngasih tau penumpang “salah kursi” ini pun sebatas menegur pelan atau paling ekstrim manggil pramugari ketika suatu saat kursi gw diduduki seorang ibu yang keasyikan selfie dengan latar belakang jendela pesawat.
Teguran pelan ini ada yang berhasil, dan sering gagal juga sih, terutama ke penumpang bis malam yang mengira sistem duduk di kursi bis masih menganut sistem orde baru dimana angkutan umum duduknya cepet-cepetan.

Klo yang model ini memang cepet-cepetan

Klo yang model ini memang cepet-cepetan

Baru-baru ini, gw naik kereta api, dan kejadian lagi dong. Ketemu bocah ABG yang hapenya haus chargeran, pas ditegur disuruh pindah dengan entengnya bilang ” Ogah ah, disana gak ada charger”. Rasanya pingin tak setrum pake chargernya sekalian.

Nah, bagusnya kalo ketemu penumpang model ginian harus gimana sih?
*malah melempar pertanyaan😸

60 thoughts on “Duduknya Yang Bener To

  1. Dikasih tahu baik-baik dulu sih Mbak kalau saya… tapi kalau dia ngeyel dan ngajak ribut, atau saya lagi capek dan senggol bacok, ya biar ribut juga ribut deh. Yang penting saya tahu saya benar, ya sudah mari mempertahankan kebenaran. Balik lagi kali ya, tergantung situasi kondisi. Kalau yang duduk di tempat saya itu anak kecil yang terpisah dari ibunya, ya saya pasti mengalah… tapi kalau yang duduk di tempat saya mbak-mbak selfie, oh sori, saya duduk di sana juga bayar, bukan cuma Anda. *malah menggebu-gebu*.

  2. pernah tuh seorang anggota dewan yg terhormat duduk di tempat orang lain, sampe ribut.
    kalo aku malah pernah menduduki tempat orang lain di pesawat, gara2 tempat dudukku dan suami dipisah, pdhal bawa bayi. ketika yg punya tempat duduk datang, aku langsung nanya, mau ga kalo tukar tempat duduk. alhamdulillah, mbaknya baik sekali dan mau bertukar tempat duduk.

    • Waaa, duh Pak Dewan semoga cepat sadar klo beliau sudah mendzolimi orang lain.
      Nah, setuju Em, klo mmng kondisi khusus gt tetep harus nanya dulu ama yg berhak. Klo alasannya masuk akal kan legowo juga yg punya tempat duduk.
      Yang kasus Ibu2 selfie di pesawat itu pun aq sebenere juga kasian, perkiraanku dia baru pertama kali naik pesawat atw mungkin gak ngerti cara booking kursi, tapi karena cara ngomongnya kurang menyenangkan yaaah, aq cuekin aja manggil pramugari.

      • itu udah terpaksa sekali. kalo ga bawa bayi, gpp sih duduk terpisah. waktu itu ga bisa online check in, krn tiketku dpt maskapai yg code share. jadinya dpt tempat duduk terpisah, pdhal check in termasuk awal. kalah sama yh yg online check in kali ya.

      • Bisa jadi Em, aq pernah juga dapet sisa2 kursi krn telat check in. Untung ketemu mbak2 yg legowo ya. Dan mungkin jg dia legowo krn mmng Emine jg mintanya sopan.

  3. gw malah suka sebel yang mana udah reservasi nomor kursi tertentu terus sebelum terbang malah dipindah2in ama pramugarinya, ini kejadian mulu pas terbang domestik di Indonesia, katanya pesawatnya blm balance jadi mesti di arrange lagi kursi2 kosongnya, lah kan ngeselin, bobrok amat sistem check in online nya kl gitu pan…

  4. ish saya pernah banget tuh pas dipesawat dari Roma mau ke Colombo datang2 udah ada sepasang sejoli duduk di t4 saya dan pak suami (deket jendela), mereka gak mau duduk di tempat mereka karena di bagian tengah gitu yg duduknya 4 orng trus dengan enaknya suruh saya dan suami pindah ke t4 duduk mereka tanpa embel2 maaf kek apa gitu *pengen gue karate deh*.

    • Wah.. parah bangget Adhya. Trus km lapor pramugari nggak?
      Atau pake cara pilot ngasih tau penumpang Madura itu aja?
      “Mbak jurusannya mana? kalo ke Colombo duduknya di tengah, sini jurusan Amerikaaaa, haha”

  5. Aku wes ngekek disikan moco judule hahaha. Aku pas kerja dulu kan mobilitas gonta ganti pesawatnya tinggi *ben koyok wong sugih, perlu ditekankan, padahal yo dibayari kantor :))) nah, entah kenapa aku hampir selalu ada masalah dengan tempat duduk dan dengan satu suku tertentu. Aku kan selalu cek in kursi yg deket jendela. Alasannya karena pengen lihat awan2 haha. Lha karena sudah cek in biasanya aku datang mepet2, soale males antri masuk pesawat. Lhaaa kok seringkali wes ada yg duduk manis dikursiku. Aku bilangin baik2 kalo itu kursi nomerku, eh dia (mereka, karena kejadian ga sekali) bilang kalo itu cepet2an. Dan ga mau pindah dong. Ya aku ga mau lah disuruh ganti. Nguweyeell aku, sampai kupanggil pramugari. Ada yg ngaruh, ada yg ga. Pernah sekali sampai pilot turun tangan dan dibilang akan dipanggil sekuriti bandara karena memang pesawat mau take off. Baru berhasil. Kalau misalkan keadaannya urgent, misalkan ibu dengan balita, ga masalah aku tuker tempat. Lha ini ga ada hal urgent. Ya aku ga maulah hakku diinjak2. Edukasi juga buat mereka. Embuh ngefek opo ga haha. Sing penting aku males dikongkon ngalah. Mending tak belani eyel2an.

    • Hahaha, juara nih. Aq belom bisa gitu Den😭
      Wlpn muntup2 emosi, tapi metune muka njegadhul tok.
      Sama Den, krn aq ngerasa udh check in dan milih kursi yo dateng mepet2. Daaann, beberapa kali ketemu wong ndableg.
      Kayanya lain kali aq mo bikin tulisan di kertas macam poster gitu aja klo mo naik pesawat/kereta/bis “di tiket saya tertera nomor XX, terletak di sebelah jendela. Mohon jngan dudukin kursi saya”
      Piye, kira2 berhasil ndak ya?
      Eh, Den dulu punya macam q-mile gitu dong, secara sering naik pesawat. Lumayan itu fasilitasnyaaah😘
      Oiyaaa, komen di blognya Deny susah, ihik, wes tak cubo ping limo ra tembus😭

      • Ora mempan koyok e Za, wonge nggawe kocomoto ireng, ora ketok tulisane hahaha. Aku yo iyo, nduwe GFF sampek kelas platinum whuahaha. Piye ya, terbang dibayari kantor, tapi GFF e mlebu kantong pribadi. Berkah opo ora iku. Anggep ae lah berkah, wong wes digawe bolak balik haha.
        Aku yo sakjane ga ngerti e Za kesulitan komen nang blogku iki nang sebelah endhi ne. Beberapa kali nyoba komen2 dewe, selalu berhasil mlebu. Padahal ora ono settingan khusus, ora nggawe moderasi pisan. Aku dikomplain sana sini. Aku komplain karo bojoku wong de’e IT ne. Tapi dia bilang ga ada masalah apa2, baik2 saja katanya. Aku lelah, wong2 sing arep komen tambah lelah haha. Diwoco thok aku wes seneng Za *pasrah 😆😆

      • Haha, asyeem itu mah. Wes maksimal usaha biar ndak ribut, deknen sih trimo ndableg make sunglasses, hellooow..
        Bhihihik, GFF e iso diwaris gak Deenn?
        #modus, ra sah digagas.
        Hati ini lelah Mak, berasa udun udah nulis banyak tapi gagal tayang di bolg nya Deny yg serrruuu.
        Haha, aq sering mo komen betapa dirimu usil nggombalin bojo👍

  6. Lhaaa sering aku kejadian, tapi kereta ya wkwkk.. Kereta kan skrg udah kaya pesawat juga mbak Zi. Aku kalo naik kendaraan senengnya pesen nomor deket jendela.. Pas dateng kok ada dua Ibu2 hebring udah duduk.. Sebuah Ibu mawar dan melati, si Ibu mawar ini duduk di kursiku.. Trus aku bilang sopan sambil nunjukin tiket, mau minta hak kursiku. Eh dijawab si bu Mawar “saya mau duduk sama teman saya, you duduk disana aja” *sambil nunjuk kursi lain. Wth banget kaaaan… Trus tiketnya kujembreng lebar ke depan mukanya dan aku bilang mau duduk di kursi yang udah aku pesen jauh2 hari 😆😆😆

  7. haduuh bacanya sampai geregetaaan gak sabar mau komen. salam kenal sik deng mba… hihii
    nek kejadian kayak anak tadi apa tak sabuni sisan lambene ya. diucek2 pake alumunium gosokan panci. guemess!
    tapi sejujurnya aq pernah kejadian yang epic banget di bus malam mba, ditiketq aq dapet nomor kursi, karena bus patas. lah karena aq naik bukan dari pool pusat, pas masuk bus la kok udah ada ibu2 sendirian bawa bayi duduk di bangkuku jal. padahal lagi, harusnya aq duduk sama bapak2 yang naiknya bareng. pas ditanya dan diliatin tiketnya, si ibunya ternyata tiketnya warnanya beda dan gak pake nomor. dia bilangnya si busnya harusnya bener dan ngeyel kalau bisnya mungkin salah, dan mosok dia gak punya nomor kursi sendiri. karena kasian juga ya bok, untung si bapak2 yang harusnya duduk sama aku, ngalah deh, dia milih duduk di atas bangku belakang tempat biasanya supir tidur.

    • Salam kenal Tiaaa..
      haha, gemes emang, mana udah dibilangin Bapak Ibunya juga masih ngeyel.
      ntu Ibu2 salah bis juga mungkin kepepet kali ya, untungnya Bapak2 sebelahmu pengertian, itung2 shodaqoh ya Tia

      • iya mba. untungnya calon sebelahku itu bapak2 yang mau ngalah ya… gak bisa bayangin kalau sama2 cewek. masa iya salah satu dari kita mesti tidur2an di atas kursi paling belakang bus, ngeriiii bangets… abis itu setiap naik bus/yg lain doanya selalu ditambahin semogaa ga ada orang salah kursi :0

  8. Kalo saya ketemu kasus seperti abg di kereta api itu saya tetap ngotot suruh dia pindah, jika kereta apinya penuh. Kalo bangku kereta api banyak kosong lebih saya yang ngalah.
    Pernah kejadian di pesawat orang yang duduk salah bangku ngotot banget mempertahankan “kebodohannya”, untung seat banyak yang kosong, gw ngalah aja, 🙂

  9. Mungkin ibu2 itu belum pernah naik KRL jurusan Jakarta-Bogor pas jam pulang kerja, lalu masuk ke gerbong khusus wanita. Itulah Hunger Game in real life.

    • Lho, kok tahu Mas?
      Jgn2 pernah masuk gerbong khusus wanita ya?
      Hihi..
      Saya blm pernah masuk KRL versi Hunger Games sih, tp percaya saya, wanita kadang lebih tegaaa😓😓

  10. Wkwkwk. Kesian dikibulin 😛

    Aku pernah Mbak, pas berdiri ngebaswe, kejadian ibuk ibuk ngomel ke cewek buat minta tempat duduk tuh cewek. Bukan buat ibuk itu sik, melainkan buat mbak mbak yg gendong anak sambil berdiri. Lah tuh cewek sambil teriak ngomong, “GUE LAGI HAMIL! MAU APA LO!!!” Huahahah. Serba salah jadinya. Orang orang mah diem aja, gak ada yg mau ngasih tempat duduk jugak. ._.

    • Serba salah krn mungkin caranya gt amat yak Beb..
      Niatnya mungkin baek tp jd awkward.
      Tp memang sense of humanity di angkot harusnya ditingkatin nih orang Indonesia, apa karena “capek deh” jadi masa bodo ya..
      Eman-eman klo menurutku sih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.