Untung ada Google Map dan Google Street View Indonesia

Disclaimer: Late post buanget🙈

Beberapa bulan lalu, kantor gw punya gawe lumayan besar. Gawe yang melibatkan seluruh pekerja kantornya ini pun butuh kerja lapangan demi mendapatkan kondisi sebenarnya dari data yang yang diinginkan.

Gw yang udah luama banget gak turun gunung menyusuri lembah wilayah kantor gw gelagepan. Nyari alamat bisa berjam-jam dan kadang ragu ama hasilnya. Padahal waktu yang diberikan untuk tugas lapangan cuma sedikit.

Ya kali salah gw gak pake modal dulu waktu terjun lapangan. Padahal, sebagai orang yang sering kesasar di dunia antah berantah, gw udah sering make andalan pake internet. Browsing alamat lah, nyari akun fesbuk lah, atau review suatu tempat.

Keunder-estimate-an dalam nyari alamat-alamat biasa (bukan tempat terkenal) di Indonesia ini bikin gw kelimpungan di penjuru kampung. Gw ragu di Indonesia ini (terutama wilayah perumahan dan perkampungannya) mempunyai data yang bisa dijadikan modal ngebolang.

Sebelum melambaikan tangan ke kamera, akhirnya gw pake ilmu lawas backpacker yang ternyata, wow, Indonesia sudah lumayan nginternet sekarang (takjub ndeso🙈).

Keraguan yang berubah jadi suka terheran-heran dengan aplikasi satu ini: Google Street View. Tadinya gw pikir Indonesia bakal sedikit data dan view peta wilayahnya, tapi ternyata sejak Juni 2015 (untuk wilayah Semarang) sudah banyak gambar dan peta yang diupload.

Banyak wilayah yang bisa dijelajahi dari aplikasi ini, termasuk gang-gang kecil di wilayah perumahan. Cuma sayangnya beberapa jalan besar tetep gak bisa diambil datanya oleh Google Street View karena portal menghadang.

Data alamat dan taggingnya pun lumayan akurat, bisa dimanfaatkan untuk keperluan backpacker atau wisata, atau paling apes ya, bisa dipake pas kita kesasar🙊.

Etapi, dulu kami sekeluarga punya pengalaman agak traumatik dengan Google Map. Mungkin karena salah meminta data atau membaca data yang tertera, kami melalui jalur sepi melintas jurang dan hutan di wilayah Batang-Temanggung. Jalur yang diminta memang bisa dilalui mobil, namun bukan jalur yang umum digunakan. Jadi sepanjang jalan yang mencekam itu, kami hanya bisa berdoa supaya Google Map bisa ngasih rekomendasi lebih baik😹.

Pernah juga, seorang teman yang kayanya habis nonton film horor Indonesia, panik karena mengira kami kesasar di daerah mistik bernama Tali Pocong, untungnya panik mereda setelah zoom in-zoom out beberapa kali tulisan daerah itu terbaca Kali Pucung..😫

Bukan Tali Pocong, ini Kopeng

Bukan Tali Pocong, ini Kopeng

Masih Kopeng

Masih Kopeng

jalur Merapi-Salatiga

Walaupun traumatik, gw gak kapok ngebolang pake Google Map. Apalagi setelah dilengkapi Google Street View, semakin bisa ngasih gambaran (mendekati) kenyataan sebenarnya dari tempat yang dituju. Yang perlu diingat sih kapan waktu pengambilan gambar dan update datanya juga sih.

Untuk data-data di Semarang, relatif baru karena baru di upload per Juni 2015 lalu. Tapi pas iseng selancar di daerah gw tinggal dulu di UK malah yang ada data tahun 2014, dan oh ya.. Mas Suami kejepret Google Street View ini dong di sekitar flat kami di sono. Walaupun mukanya di blur, gw tau dia, untung kejepretnya pas jalan sendirian ya Pak..😹.

Nah, buat temen-temen yang mau menjelajah Indonesia, sok atuh pake Google Map dan Google Street View Indonesia😎

(Beneran bukan posting endorse)

 

36 thoughts on “Untung ada Google Map dan Google Street View Indonesia

  1. Google map iki andalanku nang kene Za. Tanpa google map apalah arti aku disini, nyasar terus pas awal2 haha heran aku. Hidup kok ket biyen penuh drama nyasar. Bayangno, nggawe google maps ae sik panggah nyasar. Tapi perlahan aku wes berkurang nyasare.

    • Hihihi, toosss ya Buk. Kabarnya kan cewek emng lebih sering nyasar daripada cowok, tapi apa asyiknya hidup klo nggak kesasar, eh, berpetualang..
      Klo diluar Semarang skrng hampir pasti aq nyalain GPS, batre ampe doll Den..

    • Hihi, lhaaa itu samaan Em.. Mblasuk sampe jalan hutan dan jurang, eh, Malang juga daerahnya masih ada yg pegunungan berkelok gni kan ya? Lumayan deg2an lho itu.
      Btw, maturnuwun, waaahhh..insyaAllah meluncur Eemmm

  2. Aku sudah berulang kali nyasar karena pakai rekomendasi google. Tapi ada berulang kali cerita sukses juga 😉
    Yang jelas kalau urusan Metro di Paris, aku mending baca sendiri deh daripada pakai google, nyasarnya parah.

  3. ho oh, google map udah bisa diandalkan kok, waktu kemaren ke semarang gw juga mengandalkan google map buat ke kota lama… dan sampe buat makan sate nya buntel, hahaha

  4. aku sama gmap ini benci-benci cinta mba, sering keblasuk, bikin ribut dan rusuh sama suami tapi sering juga bikin sukses perjalanan. lah mosok, keblasuk di pegunungan padahal cuma jalan dari purwokerto-kebumen doang. gara2 jalan utama macet to the max. ya sudah seperjalanan adanya cuma istigfar. hahaha

      • Seriusan mbak -_- aku lebih ngandelin papan petunjuk jalan yang ada di deket lampu merah gitu wkwkkw 😀

        Yakaliiiiik naik pesawat keblasuk 😦 hahahaseeeem turn back crime kan motto hidupnya polisi masa kini kwkwkwk

      • Hahaha, bener juga Feb, untungnya papan petunjuk jalan di lampu merah itu sekarang udh lumayan banyak sih.
        Yaa tapi, sapa tau tetiba kamu lolos behasiswa luar negri kan mungkin kepekso make gmap juga..

      • Wkwkwk nah, beneeer kan 😀 hihih

        Aamiin, Ya Allah 😀 semoga bisa lolos behesiswa (dapet beha dan menjadi siswa) di luar negeri wkwkw 😀 kalau itu beda lagi, pasti pake gmap :))

  5. namun perlu cara lain juga,
    jaga-jaga kalau batereinya habis, iya kalau pas tujuannya sudah ketemu, lah kalau belum ketemu terus aku kudu piye 🙂

Leave a Reply to tia putri Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.